Tips Memperkuat Tulang dengan Berjemur

Tips Memperkuat Tulang dengan Berjemur –¬†Manfaat berjemur mungkin sudah banyak dikenal. Tetapi mengapa berjemur bisa berpengaruh pada kesehatan tulang mungkin belum banyak diketahui. Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang tidak tergantikan. Paparan sinar matahari mampu meningkatkan vitamin D dalam tubuh sehingga membantu proses penyerapan kalsium pada tulang. Tidak heran jika banyak yang menyarankan tips memperkuat tulang dengan berjemur.

Vitamin D yang diperoleh dari paparan sinar matahari mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya mampu mencegah osteoporosis, memperkuat otot dan memberi nutrisi pada tulang. Sementara kekurangan vitamin D bisa menyebabkan pelunakan tulang atau osteomalacia. Hal tersebut yang meningkatkan risiko patah tulang atau fraktur. Tidak hanya itu saja, kekurangan vitamin D juga mengakibatkan sakit pada otot-otot.

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwasanya kekurangan vitamin D juga berhubungan dengan meningkatnya risiko adanya penyakit tertentu. Beberapa penyakit yang diteliti ada hubungannya dengan kekurangan vitamin D misalnya saja osteoarthritis, penyakit autoimune, demineralisasi tulang, gangguan ginjal, kegagalan fungsi hati bahkan bisa berpengaruh pada depresi seseorang.

Bagaimana cara memperoleh vitamin D dengan berjemur? Cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu terkena paparan sinar matahari sekitar 5 hingga 15 menit terutama pada bagian muka dan anggota badan. Waktu berjemur paling efektif adalah sebelum pukul 10.00 WIB pagi atau sesudah pukul 16.00 WIB sore hari. Setidaknya berjemur dilakukan tiga kali seminggu. Jika memang Anda memiliki kesibukan dan tidak bisa menyempatkan berjemur tiga kali dalam seminggu setidaknya lakukan seminggu sekali di hari libur kerja.

Kecenderungan gaya hidup saat ini menghindari paparan sinar matahari. Tidak heran jika tubuh tidak mampu menyerap kalsium secara maksimal. Memang benar sinar matahari khususnya saat siang hari tidak baik untuk kesehatan. Namun sinar matarahari pagi dan sore tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan. Itulah sebabnya tidak perlu ragu untuk berjemur di pagi hari sehingga tidak memerlukan lagi suplemen tambahan untuk nutrisi kesehatan tulang Anda. Tips Memperkuat Tulang dengan Berjemuradalah cara termudah dan termurah untuk memperoleh kesehatan tulang.