Tips Mengatasi Mual dan Muntah

Tips Mengatasi Mual dan Muntah – Ada banyak alasan yang bisa membuat mual, gangguan penglihatan, bau tak enak atau makanan yang tidak disukai. Kegelisahan dan mabuk perjalanan juga penyebab umumnya. Mual tak selalu membuat muntah; jika terjadi, ini biasanya akibat gastroenteritis ( infeksi ), keracunan makanan, atau kelebihan alkohol. Mual pagi hari biasanya terjadi di awal kehamilan, dan penderita migrain muntah di awal serangan. Mual dan muntah biasanya sebentar, tapi muntah berulang bisa menyebabkan dehidrasi.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda kembali pulih dari mual dan/ atau muntah dan juga untuk mencegah dehidrasi ( kekurangan cairan ).

  1. Jika Anda mual, buka jendela dan keluar agar mendapat udara segar.
  2. Buat larutan minum rehidrasi jika Anda muntah ( oralit dan sejenisnya ).
  3. Minum setidaknya 8 gelas minuman jernih per hari. Hindari minuman yang mengiritasi lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan, seperti alkohol, kopi, cola. Jika air seni sedikit dan gelap menandakan Anda dehidrasi, minumlah lebih banyak.
  4. Jika bisa, makan sedikit namun sering. Makan perlahan. Mulai dengan makanan hambar seperti nasi lembut, pasta, sup ayam, atau roti bakar. Hindari makanan pedas atau berlemak, juga makanan dan minuman sangat panas atau sangat dingin.
  5. Coba istirahat setelah makan; duduk di kursi atau bersandar di ranjang ( berbaring datar memperparahnya ). jangan terlalu banyak bergerak.
  6. Hindari bau yang menyengat seperti parfum, karena ini dapat memicu muntah.
  7. Jahe biasanya dapat menghilangkan mual, terutama mabuk perjalanan.
  8. Jika Anda menderita mual di pagi hari, taruh biskuit ringan di pinggir ranjang dan makan satu sebelum bangun tidur.

Kunjungi dokter Anda jika mual dan muntah tak berkurang dalam 24 jam, atau Anda mengalami gejala fisik lainnya. Demikian beberapa tips sederhana untuk mengurangi mual dan muntah.