Tips Mengobati Diare dan Mencegah Dehidrasi

Tips Mengobati Diare dan Mencegah Dehidrasi – Selama diare, Anda sering mengeluarkan tinja encer, kehilangan selera makan, muntah, kram perut, kembung dan sakit kepala. Jika masalahnya berlanjut, Anda bisa mengalami dehidrasi akibat kehilangan cairan dan garam dari tubuh Anda. Diare umumnya disebabkan oleh bakteri atau virus di makanan yang terinfeksi atau ditularkan dari satu orang ke orang lainnya. Beberapa obat seperti antibiotik, menyebabkan diare sementara. Diare biasanya sembuh dalam beberapa hari, tapi diare berlanjut atau kambuh kembali dapat mengindikasikan masalah di usus besar. Baca Juga : Benarkah Kotoran Merupakan Pertanda Kesehatan Bayi ?

Diare biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. langkah berikut ini akan mengurangi gejalanya dan mencegah dehidrasi.

  • Minum sedikitnya 8 gelas cairan bening per hari seperti air, teh encer, sup encer, dan juice buah. Jika muntah, minum perlahan sesering mungkin. Mengeluarkan sedikit urine berwarna gelap mengindikasikan Anda mengalami dehidrasi dan perlu minum banyak.
  • Coba minum larutan oral rehidrasi ( Oralit dsb ).
  • Bertahap makan kembali sesegera mungkin, jika Anda merasa bisa. Mulai dengan makanan hambar seperti nasi, pasta, kentang tumbuk, dan roti bakar. Hindari teh, kopi, dan kola, produk susu, alkohol, dan makanan berlemak dan pedas selagi Anda diare dan beberapa hari setelah sembuh.
  • Sebaiknya biarkan diare karena ini cara tubuh mengurangi infeksi. Anda bisa menggunakan obat anti diare sebagai solusi jangka pendek saat Anda keluar, ke kantor, atau melakukan perjalanan jauh.
  • Gunakan penghilang nyeri jika Anda mengalami sakit kepala.

Obat-Obatan

Larutan Rehidrasi Oral : menggantikan air, gula, dan garam yang hilang dari tubuh selama diare. Tersedia dalam bentuk bubuk, yang dicampur dengan sejumlah air minum. Minum larutan ini saja, atau tambahan bagi minuman biasa.

Obat Anti Diare : Seperti loperamide bekerja dengan memperlambat aktivitas usu besar. Biasanya diminum langsung 2 kapsul, diikuti 1 kapsul setiap buang air besar encer. jangan gunakan lebih dari 8 kapsul dalam 24 jam.

Penghilang Nyeri : Para*setamol akan mengurangi demam dan rasa tidak nyaman, juga kurang mengiritasi usus besar dibanding menggunakan penghilang nyeri lainnya.

Kunjungi dokter jika diarenya semakin parah, atau diare tidak membaik dalam waktu 24-48 jam