Tips Sederhana Mengobati Luka di Mulut atau Lidah 2.5/5 (4)

Anda pernah menderita luka di mulut ? Ada beberapa kemungkinan penyebab luka mulut atau lidah. Lapisan mulut menjadi iritasi dan radang karena makanan panas, berbumbu, minuman panas, menggunakan terlalu banyak obat kumur, minum alkohol atau merokok. Lidah Anda terasa lembut, tampak halus dan merah, dan biasanya indera perasa Anda berubah. Mulut Anda luka jika Anda menggigit lidah atau pipi secara tak sengaja karena gigi kasar atau pecah, atau gigi palsu yang tidak pas. Penyebab lainnya termasuk sariawan, gangguan gusi, dan infeksi mulut. Dalam kasus jarang, luka mulut disebabkan oleh penyakit yang lebih serius.


Jika Anda mengalami gangguan lidah atau mulut seperti diatas, langkah-langkah berikut ini dapat Anda lakukan di rumah untuk menyejukkan mulut dan lidah yang mengalami iritasi.
  • Minum 6-8 gelas air atau cairan dalam sehari. Minuman dingin atau es dapat menyejukkan. Jangan minum alkohol atau merokok – keduanya dapat mengiritasi mulut.
  • Coba gunakan obat kumur buatan sendiri ( larutkan setengah sendok kecil baking soda atau garam dalam 250 ml air hangat, gunakan ini untuk kumur-kumur secara teratur sepanjang hari. khususnya setelah Anda makan. Kumur di mulut sekitar 30 detik sebelum dibuang.
  • Jangan malas menggosok gigi, lakukan dengan lembut dengan sikat gigi yang mempunyai bulu halus.
  • Makanlah makanan dalam jumlah sedikit tapi sering makanan lembut, seperti puding susu, kentang tumbuk, yoghurt, custard. Hindari makanan asin, berbumbu, makanan kering seperti roti bakar, dan juice buah yang asam.
  • Coba gunakan obat penghilang nyeri mulut – beberapa obat kumur, permen, dan semprotan mengurangi nyeri dan radang, sedangkan yang lain mengandung anestetik lokal yang membuat mati rasa daerah luka. Minta saran apoteker sebelum memberi pengobatan mulut pada anak-anak.
  • Jika mulut Anda kering, kunyah permen karet tak bergula untuk menstimulasi aliran ludah.
  • Temui dokter gigi jika gigi Anda rusak, atau jika gigi palsu tak pas.

Kunjungi dokter kembali bila lukanya semakin parah, atau tak berkurang setelah beberapa hari menggunakan langkah perawatan sendiri. Semoga membantu.

Page with Comments

  1. Benar sobat, luka di mulut membuat kita serba salah. makasih komentarnya 🙂

  2. Vfp says:

    Sorry pengobatannya bgmn ya ini saya juga lagi luka akibat makan makanan yg panas

    1. Saya kira cukup jelas tipsnya. kalau untuk pengobatan secara khusus sebaiknya konsultasi ke dokter ya, makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *