Tips Menjaga Kesehatan Orang Lanjut Usia

Berandasehat.com – Setelah mengetahui Masalah Kesehatan yang Dialami saat Usia Lanjut perlu kiranya mengetahui pula Tips Menjaga Kesehatan Orang Lanjut Usia. Memiliki orang tua atau keluarga dengan usia lanjut tentu membutuhkan kesabaran. Karena orang dengan usia lanjut banyak perubahan yang terjadi. Tidak hanya perubahan pada penurunan kualitas organ tubuh. Orang dengan lanjut usia juga mengalami perubahan secara emosional. Biasanya memiliki kecenderungan lebih sensitif dan salah paham. Itulah sebabnya perlu kesabaran dalam memberikan perawatan. Tetap perlu memperhatikan terpenuhinya gizi yang diperlukan tubuh. Hal ini akan berkaitan dengan kesehatan badannya secara keseluruhan.

Ada beberapa Tips Menjaga Kesehatan Orang Lanjut Usia yang bisa dilakukan sehinggga kesehatan orang tua Anda atau anggora keluarga Anda tetap terjaga. Beberapa tips yang bisa dilakukan, diantaranya :

1. Memberikan lebih banyak variasi makanan. Selain mencegah bosan, pemberian makanan yang bervariasi juga bertujuan untuk memenuhi gizi yang diperlukan. Memperbanyak minum air putih, makan buah dan sayur segar dalam menu sehari-hari. Hal ini diperlukan untuk terpenuhinya kebutuhan air dan serat sehingga mencegah mengalami sembelit dan wasir. Selain itu perlu dibatasi berbagai makanan yang berlemak, jeroan, makanan manis, dan batasi pula asupan garam.

2. Berikan aktifitas fisik secukupnya. Usia lanjut memang cenderung tidak terlalu banyak aktifitas fisik. Namun aktifitas fisik tersebut tetap harus dilakukan untuk mencegah terjadinya penurunan massa otot. Adanya aktifitas fisik juga akan membuat denyut jantung lebih maksimal. Hanya saja, meskipun aktifitas fisik tetap dilakukan namun jangan sampai berlebihan. Olahraga ringan bisa dilakukan misalnya jalan di pagi hari, bersepeda santai, senam, dan sebagainya.

3. Menjaga pola hidup bersih. Menurunnya kualitas organ tubuh cenderung akan membuat daya tahan tubuh berkurang. Alhasil setiap saat berbagai penyakit bisa mengancam. Selalu biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selalu biasakan pula untuk mandi dua kali sehari.

4. Selalu cek kesehatan minimal sebulan sekali. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jika terjadi perubahan berat badan, tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, dan sebagainya. Sehingga jauh lebih siap untuk mengatasinya.

Jangan lupa untuk meminimalisir pengolahan makanan dengan digoreng. Sebaiknya diolah dengan direbus, kukus atau panggang. Saat memasak sayuran, juga perlu dipastikan sayur sudah matang dan empuk. Hal ini untuk menjaga kesehatan gigi dan membuat makanan lebih mudah dikunyah. Semoga melalui Tips Menjaga Kesehatan Orang Lanjut Usia tersebut bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Baca juga 5 Gaya Hidup yang Menganggu Kesehatan Tulang.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This