Tips Merawat Lepuh Herpes di Mulut

Berandasehat.ComLepuh biasanya dimulai dengan pedih dekat mulut, diikuti dengan sekumpulan lepuh yang nyeri. Lepuh ini lalu meletus dan dilapisi kulit, tapi normalnya membaik sekitar 10 hari. Ini disebabkan virus herpes simplex yang tak aktif dalam tubuh setelah infeksi pertama. Pemicu seperti pilek, flu, kelelahan, stres, menstruasi, kedinginan, angin, atau terik matahari dapat mengaktifkan kembali virus.

Anda tidak bisa bebas dari virus, tapi setidaknya langkah berikut akan mengurangi lamanya lepuh dan mencegah muncul kembali.

  1. Gunakan krem aciclovir pada tanda awal gatal lesi ( aciclovir bekerja melawan virus herpes dan mengurangi lama serta keparahan lepuh, cuci tangan Anda setelah menggunakan krem ini, jika tidak juga membaik dalam 5 hari, gunakan krem untuk 5 hari lagi ).
  2. Jika Anda merasakan gatal, bubuhkan kompres ( sekantong kacang polong beku atau tumbukan es, dibungkus dengan handuk muka ) di area ini, selama 50-10 menit setiap setengah jam.
  3. Gunakan penghilang nyeri, jika Anda merasakan ketidaknyamanan yang sangat.
  4. Usapkan petroleum jelly di daerah yang terkena untuk mencegah terbelah atau berdarah.
  5. Coba gunakan minyak tea tree ( secara tradisional digunakan sebagai antiseptik. Produk tea tree dapat mengobati iritasi dan infeksi kulit yang ringan ) untuk meringankan nyeri dan mempercepat kesembuhan.
  6. Lepuh herpes sangat menular. Selagi Anda terkena, hindari kontak langsung seperti mencium dan jangan menggunakan handuk, mangkuk, gelas, dan silet bersama-sama.
  7. Setelah menyentuh lepuh, cuci tangan. Jangan menarik atau memencet lepuh.
  8. Jika sinar matahari memicu lepuh, gunakan tabir surya atau lip balm dengan tabir surya saat Anda di bawah terik matahari.
  9. Jika stres atau kelelahan yang menjadi pemicunya, tidurlah yang cukup dan coba latihan pernafasan dalam dan relaksasi otot.

Demikian penjelasan singkat tentang penyakit lepuh herpes pada mulut dan seputar tips dan cara sederhan mencegah dan mengobati sendiri di rumah. Semoga membantu.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *