Tips Sehat dan Aman Menurunkan Demam Si Kecil

Bayi dinyatakan demam apabila suhu tubuhnya naik diatas 37 derajat celcius ( 98,6 derajat farenheit ). Anak tampak memerah, dahi, belakang leher, dan tubuhnya akan terasa panas, meskipun kaki dan tangannya dingin. Bayi jadi kesal dan tidak mau makan. Demam biasanya akibat infeksi seperti batuk, pilek, atau terlalu panas. Demam ringan setelah imunisasi juga umum terjadi.

Segera hubungi dokter jika bayi Anda di bawah umur 8 bulan, bayi lebih besar tak mau disuapi/ atau muntah dan diare atau ada bercak kemerahan pada kulit.

Anda bisa mengurangi demam pada anak dengan cara aman berikut ini, meskipun demam ringan biasanya cepat reda.

  • Buka baju bayi hingga tinggal popok dan baju dalamnya untuk menyejukkan. Jangan bungkus dengan pakaian tebal atau selimut sehingga bayi bisa kepanasan.
  • Periksa temperatur bayi dan berikan parasetamol untuk menurunkan demam jika diperlukan.
  • Beri bayi air matang dalam botol di antara waktu menyusu. Jika Anda menyusuinya, coba perpanjang waktu menyusui atau perbanyak.
  • Yakinkan kamar bayi nyaman. Gunakan kipas angina jika panas, tapi jangan langsung mengenai bayi, pantulkan terlebih dahulu.
  • Melap atau mandikan bayi dengan air hangat tidak dianjurkan karena bisa memperburuk keadaan.

Warning – minta bantuan medis secepatnya jika nafas bayi cepat, tersengal-sengal atau sulit bernafas, atau dia tampak mengantuk, bayi Anda kejang, Ada bercak kemerahan pada kulit, dan tidak hilang saat ditekan. image : zwitsal.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *