Tips Sehat Puasa Ramadhan

Berandasehat.com – Puasa ramadhan bagi umat muslim tidak sekedar menahan lapar dan haus semata. Tetapi juga saatnya dimana bisa menjalankan ibadah sebaik-baiknya. Selain itu juga untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya. Karena dengan berpuasa justru dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tentu saja perlu diperhatikan pola makan dan minum yang dilakukan selama sahur dan berbuka. Hal ini perlu diperhatikan agar ibadah yang dilakukan tetap berkualitas. Selain itu tubuh juga benar-benar memperoleh manfaat dengan berpuasa. Baca juga Tips Aman Puasa Bagi Ibu Hamil.

Ada Tips Sehat Puasa Ramadhan yang bisa dilakukan sehingga aktifitas selama puasa tidak terganggu, diantaranya :

1. Cukup asupan cairan dalam tubuh. Tiap harinya tubuh manusia memerlukan cairan 1500 ml hingga 2000 ml atau sekitar 10 gelas. Saat sedang menjalani puasa, tubuh akan lebih cepat kehilangan cairan atau dehidrasi. Itulah sebabnya perlu memperhatikan kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka. Cairan dalam tubuh tidak selalu hanya air putih semata tetapi bisa diperoleh pula melalui buah, sayuran, susu maupun kuah masakan yang dikonsumsi.

2. Makanan bergizi. Tubuh sehat dipengaruhi oleh gizi makanan yang dikonsumsi terpenuhi. Setidaknya komposisi makanan yang diperlukan tubuh terdiri dari karbohidrat bisa dari nasi putih, nasi merah lebih baik, jagung, kentang dan lainnya. Kemudian protein hewani maupun nabati seperti daging, ikan, tahu dan tempe. Tidak lupa pula mineral dan vitamin yang bisa diperoleh dari sayuran.

3. Tidak berlebihan saat sahur. Saat sahur sebaiknya secukupnya saja, tidak perlu berlebihan. Perbanyak sayur dan buah lebih baik karena kandungan seratnya yang tinggi. Makanan berserat mampu menahan lapar lebih lama.

4. Berbuka diawali dengan minuman hangat dan manis. Misalnya cukup minum teh manis hangat atau cukup makan buah kurma dan minum air putih. Kurma di sini lebih cenderung ke buah kurma asli bukan yang sudah menjadi manisan. Buah kurma mengandung gula alami yang baik untuk kesehatan termasuk penderita diabetes. Sedangkan manisan kurma sudah mengandung banyak gula.

5. Istirahat dan olahraga. Saat siang hari dan merasa sangat lelah, tidak ada salahnya untuk beristirahat sebentar sehingga bisa melanjutnya aktifitas lainnya. Olahraga juga tetap bisa dilakukan meskipun tidak setiap hari. Cukup 15 hingga 30 menit minimal dua atau tiga kali selama seminggu. Baca juga Perlukah Mengurangi Aktifitas saat Puasa?

Selain Tips Sehat Puasa Ramadhan yang telah disebutkan, jika memang diperlukan tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang diperlukan. Biasanya suplemen zat besi lebih banyak diperlukan untuk mencegah anemia. Terutama pada wanita. Perlu juga melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up, terutama bagi Anda yang memang memiliki riwayat penyakit tertentu misalnya diabetes, kolesterol, jantung dan lainnya. Sehingga puasa yang dilakukan pun tetap lancar.