Tips Terhindar dari Obat Palsu

BerandaSehat.com – Tips Terhindar dari Obat Palsu sebaiknya memang diketahui. Pasalnya saat ini peredaran obat palsu maupun ilegal begitu mudah ditemukan di pasaran. Harga yang terjangkau, khasiat yang ditawarkan mampu menarik perhatian masyarakat yang memang ingin segera sembuh atau terhindar dari penyakit. Sayangnya keinginan masyarakat untuk sehat dimanfaatkan pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. Karena sulit untuk dibedakan dengan obat asli maka ada baiknya memang selalu waspada agar terhindar dari obat-obat palsu. Karena bukannya kesehatan atau kesembuhan penyakit yang diperoleh justru bisa menambah sakit yang diderita baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tidak jarang juga bisa menyebabkan kematian.

Meskipun sulit untuk membedakan obat asli dan palsu bukan berarti tidak bisa menghindarinya. Berikut ini beberapa Tips Terhindar dari Obat Palsu yang mungkin bisa dicoba, antara lain :

Membeli obat sesuai resep dokter. Sudah pasti cara ini adalah cara paling aman. Pasalnya seseorang harus memeriksakan atau mengonsultasikan apa penyakitnya sehingga dokter bisa memberikan diagnosa yang tepat dan menyarankan obat yang paling tepat.

Membeli obat di apotek yang resmi. Toko obat begitu mudah ditemukan namun tidak demikian dengan apotek yang resmi. Jadi pastikan membeli obat di apotek yang resmi. Biasanya dicantumkan izin dan penanggung jawabnya. Keunggulan membeli obat di apotek yang resmi bisa sekaligus mengonsultasikan obat yang ingin dibeli.

Selalu memperhatikan kemasan obat. Jika memang terpaksa membeli obat di warrung, toko obat, minimarket, supermarket dan lainnya selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa, izin edar, dan bentuk kemasan apak sudah terbuka, rusak dan sebagainya.

Menurut situs stopobatpalsu.com milik International Pharmaceutical Manufacturers Group (IPMG) yang bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan memang sulit untuk membedakan obat palsu dengan yang asli ketika hanya melihat tampilan fisiknya. Berkembangnya teknologi membuat bentuk, warna maupun kemasan obat palsu benar-benar mirip dengan obat asli. Untuk mengetahui obat tersebut palsu atau tidak harus melalui pemeriksaan laboratorium. Sehingga untuk mencegah agar tidak membeli obat palsu tentu saja harus melalui resep dokter atau membeli di apotek resmi. Jangan terpaku pada harga murah namun harus selalu waspada. Beberapa Tips Terhindar dari Obat Palsu tersebut tidak akan ada hasilnya jika Anda sendri kurang waspada.