Waspada Ancaman Penyakit Saat Mudik!!

Berandasehat.com – Mudik telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia yang dilakukan saat menjelang lebaran. Masyarakat mudik baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Tidak heran jika pada menjelang lebaran, padatnya lalu lintas jalanan tidak bisa dielakkan. Potensi terjadinya kecelakaan pun semakin meningkat. Ditambah potensi gangguan kesehatan yang mengancam saat mudik. Paparan polusi, makanan sembarangan, bisa menjadi sumber Penyakit Saat Mudik.

Beberapa jenis Penyakit Saat Mudik misalnya saja Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), keracunan makanan dan diare. Belum lagi jika sebelumnya telah memiliki penyakit tertentu misalnya diabetes mellitus, hipertensi maupun asma. Diabetes termasuk jenis penyakit yang relatif bisa meningkat gula darahnya saat mudik jika tidak berhati-hati atau waspada. Sementara anak-anak relatif cenderung terancam terkena diare. Pasalnya anak-anak cenderung mengonsumsi apa saja yang dimakan orang tuanya. Mulai dari makanan instan, pedas, asam dan sebagainya. Jika lambungnya tidak kuat maka anak-anak bisa terkena diare.

Untuk mengantisipasi Penyakit Saat Mudik setidaknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar aman saat mudik, diantaranya :

1. Periksa ke dokter terlebih dahulu. Apalabila sebelumnya telah memiliki penyakit tertentu misalnya diabetes, hippertensi, asma dan lainnya sebaiknya meminta pertimbangan dokter terlebih dahulu. Melakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu. Sehingga Anda juga bisa mempersiapkan obat-obatan yang bisa dikonsumsi saat dalam kondisi tertentu.

2. Siapkan obat-obatan yang diperlukan. Terutama bagi penderita diabetes dimana kondisi kadar gula di bawah normal bisa datang tiba-tiba. Sehingga perlu membawa tablet glukosa yang bisa digunakan untuk pengobatan darurat. Jika harus membawa insulin juga diperlukan tempat khusus untuk menjaga agar insulin dalam keadaan baik. Obat-obatan lain yang perlu dibawa misalnya obat diare, obat sakit kepala, obat maag, obat anti mabuk.

3. Bawa bekal makanan dan minuman seperlunya. Apalagi jika membawa anak-anak. Sebaiknya siapkan bekal untuk mereka. Anak-anak cenderung suka ngemil saat di perjalanan. Buah-buahan segar bisa menjadi alternatif bekal.

4. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi selama perjalanan. Pola makanan selama perjalanan perlu diperhatikan. Perhatikan dimana membeli makanan dan minuman begitu pula dengan kebersihan tempatnya. Konsumsi air putih juga perlu dijaga agar tidak mengalami dehidrasi.

5. Perhatikan pola istirahat yang dilakukan. Selama mudik pola isitrahat perlu diperhatikan. Apalagi jika mudik dengan kendaraan pribadi. Jika kelelahan atau mengantuk sebaiknya segera berisitirahat. Saat mudik biasanya ada tempat-tempat tertentu yang menyediakan tempat untuk berisitirahat.

Masih banyak hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan saat akan mudik atau hal yang bisa dilakukan saat mudik. Setidaknya hal tersebut bisa menghindarkan Anda dan keluarga dari Penyakit Saat Mudik.